Wednesday, November 22, 2006

Keajaiban Indonesia

Apabila masih ada yang berpendapat bahwa candi Borobudur merupakan satu dari 7 keajaiban dunia, barangkali juga berpendapat bahwa sampai kini bangsa Indonesia adalah bangsa yang hebat bak Pangeran Diponegoro, Cut Nya Dhien, Tengku Imam Bonjol atau Ir. H. Soekarno yang tidak mati terbunuh selama perjuangannya. Candi Borobudur pun menunjukkan tingginya budaya dan martabat leluhur yang tak pernah punah sampai kini.

Karena merasa sebagai bangsa yang berbudaya dan bermartabat tinggi itulah, tidak heran jika banyak rakyat Indonesia yang bersimpati terhadap rakyat Irak yang negerinya sedang dilanda keterpurukan akibat perang. Ajaibnya, rakyat Irak justru amat bersimpati terhadap Indonesia karena terpaksa mengalahkan tim nasional sepakbolanya dengan skor telak 6-0 di babak pra-kualifikasi Asian Games XVI 2006 akhir pekan lalu. Barangkali para pengurus PSSI bisa berkilah bagaimana mungkin bisa bikin keajaiban jika hanya menghabiskan dana senilai Rp. 28 milyar untuk latihan 4 bulan di Belanda?!

Ada yang merasa bangga, namun ada pula yang merasa malu dengan kondisi republik saat ini. Bisa jadi rasa malu ini lebih dominan di kalangan webmaster Indonesia sehingga mereka lebih memilih untuk tidak menyombongkan warisan-warisan kebanggaan sejarah bangsanya di situs-situs webnya. Setidaknya sejak Bernard Weber dari Swiss mulai penelitian dan pollingnya tahun 1999 terhadap ratusan situs web dari seluruh penjuru dunia yang saat ini tinggal 21 nominasi yang masih bertahan untuk di-vote baik melalui situs webnya atau beberapa nomor telepon internasional. Jangankan termasuk 7 keajaiban dunia, bahkan dalam kategori 21 keajaiban dunia pun tidak diketemukan nama Borobudur yang konon pada tempoe doeloe pernah terkenal di doenia.

Seperti halnya para pengurus PSSI, barangkali pemerintah juga bisa berdalih bagaimana mungkin bisa mempertahankan keajaiban dunia lewat internet atau telepon jika minim anggaran untuk membangun infrastruktur koneksi internet dan telepon yang merata bagi semua kalangan?! Bahkan merupakan hal yang ajaib jika candi Borobudur masih dipandang dunia sebagai 7 keajaiban dunia dengan kondisi saat ini. Masih lumayanlah bila anak cucu kita masih mau memandang candi Borobudur sebagai salah satu keajaiban Indonesia.

0 comments:

Post a Comment