Sunday, November 19, 2006

Being Different

Meskipun belum sebulan kenal blog, sudah terasa salah satu efek blog adalah lebih peduli terhadap kondisi dan kejadian di sekitar. Suatu proses pembelajaran yang seringkali terabaikan atau terlupakan. Paling tidak saya jadi lebih peduli perilaku rekan-rekan dekat di sekitar saya.

Di acara karya wisata Sabtu-Minggu ini saya baru menyadari rupanya kebanyakan rekan-rekan dekat saya dari golongan orang-orang 'aneh' diantara ratusan rekan-rekan lain. Keanehan ini sudah terasa sejak di bis saat berangkat. Ada saja rekan-rekan yang minta di-mutasi-kan ke bis rombongan dimana saya dapat jatah. Sebagai kompensasinya mereka bersedia berkaraoke sepanjang perjalanan. Perjalanan pun tak terasa jauh karena selain karaoke secara bergantian diselingi pula dengan gerr-gerran (canda-tawa). Kisah perjalanan seperti ini jadi terasa aneh karena tak terdenger cerita sejenis di bis rombongan lain.

Sebelumnya saya kira sudah membawa tas begitu besar karena bawa banyak 'sajen' buat teman-teman lain, ternyata seorang rekan wanita membawa tas yang jauh lebih besar karena membawa kopor yang menyolok banyak perhatian. Ketika saya tanyakan bawa apa saja di dalam kopor segede itu, jawabnya untuk persiapan memborong berbagai macam hadiah karena ia yakin sebagai orang yang selalu mujur. Ada rekan wanita yang sudah berumur mengecat rambutnya demi acara jalan-jalan ini yang bikin terasa aneh bagi banyak orang yang telah mengenalnya sejak lama. Rekan dekat lain yang menarik perhatian, setidaknya bikin banyak orang berkomentar karena dianggap aneh, adalah satu-satunya peserta memakai celana pendek dan satu-satunya peserta memakai celana training spak.

Rekan satu kamar pun di acara panggung gembira tadi malam juga terasa aneh karena tiba-tiba dia jadi satu-satunya karyawan yang menyanyi di panggung dengan lagu dangdutnya: Sekuntum Mawar Merah. Padahal sebelum naik panggung dia sudah bilang ke saya beberapa kali keinginannya menyanyi diatas pentas dan saya nyatakan bahwa saya tak percaya dia bisa menyanyi kerena meskipun kami sudah berteman beberapa tahun namun saya belum pernah tahu dia menyanyi. Sambutan para hadirin pun luar biasa. Panggung jadi penuh sesak oleh orang berjoged ria. Seorang direksi wanita yang kebetulan dekat juga dengan kami akhirnya tak tahan mengajak saya ikutan berjoged. Bahkan beliau sempat beberapa kali menarik ke panggung beberapa petinggi lain dan beberapa rekan dekat kami, meskipun ada yang tidak berhasil ditarik karena merasa dirinya betul-betul pemalu. Sampai akhir acara beliau tak pernah turun panggung saking menikmatinya acara joged bareng. Nampak betul beliau tak peduli dipandang sebagai seorang direktur paling aneh.

Semua peserta mendapat hadiah, namun hanya satu yang dapat grand prize yang diundi di acara penutupan tadi siang. Anehnya hadiah ini jatuh ke rekan dekat yang baru saja selesai menjalani masa percobaan 3 bulan. Kelihatannya anak ini memang jujur dan cerdas, sungguh beruntung yang jadi atasannya. Meskipun secara umur masih muda belia dan tergolong pegawai baru, namun sehari-harinya bergaulnya sudah dengan golongan rekan-rekan yang telah belasan tahun kerja. Menurut saya pantas saja dia mujur memperoleh grand prize tersebut, karena sudah 'buang sial' dengan seringnya mengocok gaple semalaman dilobi dimana saya dapat jatah kamar. Saya suka menjulukinya si balon (bakal calon) The Godfather 5 dari trah Corleone. Maksudnya dari darahnya memang sudah mengalir bibit orang aneh, sehingga secara alamiah akan tersesat di jalannya orang-orang aneh pula.

Menjadi beda dengan kebanyakan orang bukanlah suatu keharusan bagi setiap orang. Berani berbeda tidaklah selalu mudah bagi banyak orang. Namun ada kalanya pula untuk tidak berbeda juga tidaklah mudah bagi sebagian orang lain.

Setelah seharian beraktivitas sejak pagi, wajar saja jika kebanyakan rekan-rekan kecapaian dan langsung tidur selepas acara terakhir pada tengah malam. Namun ada saja sebagian kecil rekan yang secara naluriah mencari habitatnya yaitu kumpulan orang yang mungkin sudah punya bakat untuk berbeda dengan kebanyakan orang tanpa pernah bermaksud untuk berbeda.

Namun tetap wajib diingat untuk tidak asal berbeda. Berani beda tidak lantas berarti harus selalu berbeda selama-lamanya khan?!
Habitat Orang Aneh

0 comments:

Post a Comment