Wednesday, May 12, 2010

Kentut Orang ABAL ABAL

Tanggal 13 Mei, 12 tahun silam, kerusuhan melanda Jakarta yang mengakibatkan kerugian dan kesengsaraan bagi banyak warga ibukota serta berdampak sistemik beskala nasional paska para mahasiswa rame-rame berkumpul di Jakarta.

Ngumpul-ngumpul bisa berdampak baik atau buruk bagi diri sendiri maupun orang-orang lain yang tak ikut ngumpul-ngumpul sekalipun. Ngumpul-ngumpul bisa dalam jumlah besar dan bisa pula diikuti beberapa orang saja.

Entahlah, anekdot ngumpul-ngumpul ini sejak kapan populer di masyarakat Indonesia. Saat ditengah-tengah acara ngumpul-ngumpul terdengar bunyi kentut atau tercium bau kentut maka kalo orang Amrik yang kentut akan bilang: "Excuse me". Kalo orang Inggris yang kentut akan bilang: "Pardon me". Kalo orang Ostrali yang kentut akan bilang: "Forgive me". Kalo orang ABAL ABAL yang kentut akan bilang "Not me".

Anekdot ini menggambarkan ciri khas orang ABAL ABAL is Asal Bukan Ane, mo Lebai or Alay keq Biarin Aja Lage...

Tak usah menuduh orang-orang laen tergolong Orang ABAL ABAL apa bukan, sebaiknya kita introspeksi diri dulu apakah kita memiliki salah satu atau lebih dari gejala-gejalanya. Maka kenalilah gejalanya sejak dini, antara laen neh:

  1. Asas pertama dan utama adalah "Pokoknya"
    Apapun pendapat orang-orang lain (tentang kentut)... Pokoknya ane yang bener, pokoknya bukan ane yang salah. Siapapun boleh salah, kalah ato ngalah, asal bukan ane.

  2. Bebal
    Tak pernah mau belajar atau mendengarkan saran-saran, apalagi kritik-kritik, dari orang lain bagaimana caranya kentut yang benar, baik dan bagus bagi dirinya sendiri maupun orang-orang lain.

  3. Cerah
    Cerah atau cepat marah bila ada yang menyinggung perbedaan dengan keyakinannya yang selama ini diyakininya, yaitu boleh kentut dimana saja, kapan saja dan bersama siapa saja. Menurut pandangannya semua orang yang mengenalnya wajib sama atau maximal sejajar dengan keyakinan-keyakinannya, dan tak boleh berbeda apalagi berseberangan.

  4. EGP
    Emangnya Gue Pikirin alias tanpa mau menghiraukan apakah sudah mendapat izin atau belum, langsung maen kentut aja di muka publik.

  5. Fitnah
    Apabila mengkritik, baik konstruktif maupun destruktif, berdasarkan berita, angka, data atau fakta maka orang ABAL ABAL tak segan-segan memfitnah orang lain yang kentut meskipun tak punya analisa dan hipotesa melainkan hanya menuruti perasaannya atas orang-orang yang tak disukainya.

  6. Gue Sentris
    Senengnya nyritain tentang dirinya sendiri baik masa lalunya, handaitaulan atau kenalan-kenalannya yang dibangga-banggakannya maupun segala aktivitasnya yang menurutnya mulia untuk diteladani bagi orang-orang yang dicritain. Kalopun dia ketahuan sering kentut di muka umum, maka mengingat crita-critanya itu diharapkanlah orang-orang akan memakluminya. Gue getoh loh...

  7. Hasut
    Senengnya menghasut demi menciptakan musuh atau rasa permusuhan. Semakin banyak orang-orang lain kebingungan dan saling curiga mencurigai siapa sejatinya yang telah kentut maka dirinya akan semakin puas.

  8. Hujat
    Apabila ada yang mengaku kalo dirinya yang kentut, terlepas pengakuannya adalah kejujuran ataukah pengorbanan diri untuk menghindarkan rasa permusuhan, maka orang ABAL ABAL tak segan-segan menghujat orang tersebut habis-habisan, apalagi bila orang tersebut tak disukainya selama ini.

  9. Kebas
    Tak peduli apakah kentutnya bunyi atau tidak, bau atau tidak, karena merasa ba'al alias kebas alias mati rasa dari perasaan telah mengganggu kenyamanan orang lain.

  10. Latah
    Biasanya orangnya suka latah, yang diucapkannya itu-itu aja atau tak jauh-jauh dari situ-situ aja. Andakatapun sering mengucapkan kata maaf atau terimakasih adalah karena latah aja. Kalopun terpaksanya udah ga bisa ngeles lagi dari tuduhan dia yang kentut, maka mungkin saja dia akan mengucap kata maaf berkali-kali sambil pecicilan n cengengesan tanpa ada rasa penyesalan sedikitpun.

  11. Pantang Minta Maaf
    Pantang meminta maaf atas kesalahannya sendiri, bahkan mengharapkan orang lain yang tak disukainya mengemis maaf kepadanya karena telah menyebabkan perasaan tak suka pada dirinya.

  12. Wabah Masalah
    Menebar masalah agar orang-orang lain turut merasa ada masalah atau bermasalah seperti dirinya. Jadi meskipun dia sadar perutnya yang sering bermasalah, maka dia akan mencoba mempengaruhi orang-orang bahwa perut mereka pun seharusnya bermasalah juga gara-gara makanan yang disajikan, dll.

  13. Zoomer
    Masalah kecil yang sebenarnya tak begitu berarti bagi banyak orang di-zoom-in atau dibesar-besarkan agar terkesankan kalo masalahnya ga selesai saat itu maka dunia akan kiamat. Sedangkan masalah besar yang sebenarnya dirasakan oleh banyak orang di-zoom-out atau dikecil-kecilin sampai limit menuju nol agar terkesankan untuk diabaikan saja dengan alasan terlalu sulit mencari solusinya bagaikan mencari jarum suntik ayam dalam tumpukan jerami. Dengan demikian dia akan berusaha mengesankan ke orang-orang, lebih baik dia terkentut-kentut di arena ngumpul-ngumpul daripada dia tak hadir atau pulang duluan sebelum waktunya yang akan mengakibatkan acara ngumpul-ngumpul itu akan bubar dan berdampak sistemik tanpa kehadirannya.
Bagaimanapun juga Orang ABAL ABAL adalah manusia yang notabene makhluk hidup ciptaan Tuhan yang paling sempurna di muka bumi maka tak boleh dikucilkan atau diperlakukan diskriminatif ataupun ditakuti. Sebagaimanapun sebalnya kita, orang ABAL ABAL tak harus dibinasakan tapi dibina. Toh dari 13 ciri-ciri yang disebutkan diatas, tidak ada statemen bahwa orang yang berprinsip Pokoknya Asal Bukan Ane tersebut ber-IQ jongkok, bahkan mungkin malah punya tingkat kecerdasan tinggi untuk mempertahankan statusnya sebagai orang ABAL-ABAL sejati. Belum tentu pula orang tersebut berpenampilan buruk bahkan mungkin malah senantiasa menjaga pesona dan penampilannya agar... Ane always the best gan!!..

Emang sih gan, tak semua orang memiliki kemampuan toleransi terhadap bunyi dan bau kentut. Namun itulah cerminan perkawanan kita. Suka atau tak suka, kayak apa ABAL-ABALnya kawan tetaplah kawan kita juga gan. A friend in need is a friend indeed. Kalopun terpaksanya kita tak merasa mampu untuk membinanya, maka daripada kita terimbas efek negatipnya, mending kita nyanyiin aja gan. Yuuk mareee.....

ABAL ABAL pisan
Kawanku balum matang
Matang saletik dirubung rame-rame
Matang saletik dirubung rame-rame

Mangga lebai mangga alay
Latah ieu teu nyahok
Nyahok sorangan diri
Akhirna kasurupan

[Ref:]
Tokecang tokecang bala gendir tosblong
Angeun kacang angeun kacang sapependil kosong!


USA: Jangan tiru apa yang kami lakukan, tapi lakukanlah apa yang kami katakan...

RRC: Jangan tiru apa yang kami bikin, tapi bikinlah apa yang kami tiru...

Ruhut Sitompul: Jangan tiru apa yang ku bilang, tapi bilanglah suka suka kouw lah...

A. Rafiq: Jangan jangan samakan....Aku dengan produk abal-abal....

Untuk keterangan lebih lanjut.... Bagi para ibu penggiat belanja produk-produk KW 3, silahkan baca sendiri buku Belanja Sampai Mati di China berdasarkan pengalaman pribadi seorang ibu dari dalam negeri. Sedangkan bagi para pria punya selera yang mengutamakan taste tak ada salahnya baca buku berdasarkan pengalaman profesional penasehat produk internasional yang sudah terbit terjemahannya berjudul: Abal-Abal Produk Cina.
Produk Abal Abal Cina

0 comments:

Post a Comment