Tuesday, December 12, 2006

Pokoknya Tak Pernah Salah

Slogan orang Amerika "We may not always be right, but we are never wrong", sudah menjadi naluri sebagian besar umat manusia tanpa perlu program pertukaran dan penularan budaya. Hanya saja naluri tak pernah merasa bersalah bisa berlebihan sehingga bisa mengakibatkan tumbuhnya keyakinan dan pandangan bahwa orang lain pokoknya pasti dan selalu lebih salah - apapun alasannya.

Keyakinan tersebut lama-kelamaan bisa menimbulkan keyakinan pribadi bahwa pandangan pribadinya selalu lebih benar, lebih baik dan lebih bagus daripada orang-orang lain. Pendidikan dan pembelajaran mengasah akal dan wawasan untuk semakin mampu mengendalikan naluri alamiahnya. Kemampuan memadukan akal, wawasan dan naluri menjadikan seseorang semakin dipandang sebagai orang yang arif.

Meningkatnya angka peringkat ala Transparency International sebagai negara terkorup dari 85 pada tahun 2000 meningkat menjadi 130 dari 145 negara pada 2006 ini, bahkan tahun lalu mencapai peringkat 137 bisa menambah pesimistis dan apatis terhadap kearifan orang lain. Maraknya kampanye anti korupsi belakangan ini mungkin menyadarkan sebagian orang untuk meningkatkan kearifannya dalam mencari nafkah, namun bisa juga malah menimbulkan inspirasi dan intepretasi baru bagi yang merasa belum sempat korupsi, sedangkan bagi yang merasa telah lama tidak korupsi seolah mengingatkan pameo:
"Amenangi jaman edan, sing ora melu edan ora arep keduman"
(Dalam menghadapi jaman dimana banyak orang pada gila, yang tak ikut-ikutan gila maka tak akan kebagian).
Suatu konklusi prematur dan ngawur bila dikatakan pameo ini berdasarkan syair di buku Serat Kalatidha karangan R Ng. Ronggo Warsito yang terbit sekitar 1820-an.

Bagi yang belum pernah tahu Transparency International ataupun kampanye anti korupsi juga masih terbuka peluang terpupuk keyakinan bahwa orang lain tak pernah merasa lebih benar darinya. Berbagai sinetron dan acara-acara TV lain dari sejak dulu mempertontonkan orang arif, rendah hati dan santun lebih sering digambarkan sebagai orang miskin, susah dan sial melulu. Sedangkan orang yang punya sifat tak pernah mau merasa salah dan kalah, egois dan judes lebih sering digambarkan sebagai orang kaya, sukses atau terpandang. Rentetan terus-menerus berbagai acara TV yang bebas ditonton oleh segala lapisan (umur, pendidikan, tingkat penghidupan) masyarakat sedikit banyak tentunya berdampak terhadap pola pikir dan pola pandang pemirsanya terhadap kepantasan-kepantasan umum di republik ini.

Sore ini di depan pertigaan RS Budi Kemuliaan - Tanah Abang Timur, kendaraan saya yang sedang berhenti menunggu kesempatan masuk ke jalur utama tiba-tiba diserempet dari depan-samping oleh mobil box tertutup, jelek dan butut. Saya pun turun untuk mencari tahu akibat kecelakaan ini. Baru beberapa detik saya mencoba mencari-cari tahu, tiba-tiba terdengar umpatan-umpatan penuh emosi. Rupanya penumpang (bukan sopir) mobil box itu turun dan sedang memaki-maki saya di samping pintu mobilnya yang dibiarkan terbuka.

Lhoh?! Rupanya ia tak peduli siapa pun yang mendapat musibah, yang penting marah-marah duluan untuk menunjukkan bahwa ia sama sekali tak pernah salah sedikitpun. Saya pikir, tak akan banyak mendatangkan manfaat untuk berkenalan apalagi berurusan dengan orang macam beginian. Apalagi rintik hujan sudah mulai turun, menanggapi makiannya bisa-bisa malah semakin lama buang waktu percuma. Oleh karena itu saya pun memilih tak menanggapinya dan menunggu berhentinya makiannya. Mungkin karena ia pikir saya diam saja karena ketakutan akan kegarangan dan kesangarannya, ia pun (masih sambil maki-maki) naik kembali ke mobilnya sambil menutup pintunya keras-keras seolah-olah kesal sekali karena waktunya telah terbuang sia-sia. Belum sempat saya berucap, mobil itu sudah jalan lagi.

Barangkali inilah salah satu ciri budaya bangsa ini, masih banyak yang memiliki pola pikir bahwa pokoknya dirinya tak pernah salah - baik dengan atau tanpa alasan. Tak sedikit orang tua yang sengaja atau tak sengaja mendidik anaknya sejak dari kecil untuk memiliki pola pikir seperti ini. Misalnya, seorang anak kecil menangis setelah menabrak meja saat berlarian. Si orang tua sebenarnya mengetahui bahwa anaknya-lah yang salah karena saat berlarian tak memperhatikan meja tersebut yang dari sejak anaknya itu belum lahir memang sudah terletak disitu. Meskipun begitu yang dilakukan oleh orang tuanya bukannya mendidik anak itu agar tak lagi mengalami kecelakaan serupa, namun justru memukul meja yang tak bersalah itu sambil memaki-makinya,
"Ugh!.. Dasar meja nakal!".

Bisa dibayangkan, akan seperti apa anak itu jika besar kelak? Tak pelak lagi, tak akan beda dengan penumpang mobil box tersebut.

1 comment:

  1. berarti juga..kl ada cewek pake pakaian seksi, trus co jd 'pengen', itu jelaz salahnya ce.. :)

    ReplyDelete