Sunday, December 10, 2006

Gambaran Persiapan Tahun Depan

Ada beberapa hal yang menarik di artikel "Pertaruhan Besar di Tahun Babi" di tabloid Kontan minggu ini di kolom Investasi. Apa yang dimaksudkan tahun babi disini adalah simbol tahun dari sistem kalender Cina kuno yang sebenarnya sudah berumur ribuan tahun sebelum dikenal kalender Masehi yang biasa kita gunakan sehari-hari. Perbedaan utama dengan sistem kalender Masehi dan Hijriah adalah sistem kalender Cina ini menggunakan kombinasi metodologi perhitungan solar (peredaran bumi mengelilingi matahari) maupun lunar (peredaran bulan mengelilingi bumi). Pergantian kalender Cina di tahun 2007 jatuh pada Minggu Legi (yeach.. gak libur panjang nih) 18 Pebruari yang merupakan tahun baru Imlek 2558. Tahun imlek sering dihubungkan dengan ramalan-ramalan Cina, khususnya ramalan akan usaha-usaha bisnis yang berhubungan dengan mencari atau menambah rezeki, pendapatan atau keuntungan finansial.

Secara umum ramalan Cina tidak bersifat dogmatis, ghaib atau pun proprietary keturunan peramal semata, melainkan sering berdasar campuran antara logika dan pemahaman peramal terhadap gambaran-gambaran atau simbolisasi. Oleh karena itu masih sering terdengar ramalannya begini-begitu dengan dasar alasan ini-itu. Pendek kata, setiap orang bisa jadi peramal untuk dirinya sendiri ataupun orang lain sesuai pemahamannya yang mungkin saja berbeda-beda dengan peramal lain. Menjelang tahun baru Imlek seperti ini orang sudah mulai meramalkan kondisi ekonomi tahun depan dan membuat perencanaan apa yang sebaiknya dilaksanakan atau dihindari pada tahun depan. Selain perencanaan, tak dipungkiri dalam mencari atau menambah rezeki ada faktor-faktor nasib yang berbeda masing-masing orang. Yang kemudian menjadi tanda tanya: siapakah yang bakal bernasib paling mujur di tahun depan?

Ramalan berdasarkan shio binatang ini memang biasanya untuk meramal nasib dalam mencari atau menambah rejeki atau hal-hal lain yang umumnya berkaitan dengan ekonomi atau keuangan. Misalnya, agar dalam mencari rejeki selalu aman tanpa hambatan maka orang kelahiran shio Babi disarankan bekerjasama dengan shio kambing karena digambarkan babi dan kambing tak saling menghambat dalam mencari makan dan bisa hidup berdampingan. Ada juga ramalan yang menyatakan shio Babi cocok dengan shio Naga, bisa jadi karena Babi merupakan santapan yang lezat bagi Naga maka shio Babi siap selalu berkorban demi menambah semangat sang Naga dalam mencari rejeki. Suatu gambaran yang sah-sah saja, terutama bila yang dijadikan sebagai gambaran adalah babi hidup.

Selain gambaran tahun berulang setiap 12 tahun yang dilambangkan dengan banyaknya Shio binatang, kepercayaan Tiongkok kuno juga mempercayai setiap 5 tahun memiliki kategori kecenderungan yang sama yang digambarkan dengan 5 unsur alam yaitu kayu, api, tanah, besi dan air . Tahun depan merupakan tahun unsur api. Jadi tahun 2007 atau 2558 Imlek merupakan tahun babi dan api. Ada ahli nujum yang menafsirkan tahun babi dan api sebagai tahun babi bakar atau babi panggang.

Artinya babi yang digambarkan tahun depan sebenarnya adalah babi mati tergeletak tak berdaya karena kobaran api. Berarti kambing tak punya teman dalam mencari makan. Harimau pun demikian, karena biasa mengincar buruan yang bergerak maka babi mati tidak lagi menarik perhatiannya. Binatang-binatang lain kuda, kerbau, kelinci, ayam jelas tak akan makan daging babi. Kera pun tak doyan daging babi. Sedangkan Naga yang digambarkan memiliki badan paling raksasa serta biasa melihat tinggi, luas dan jauh kedepan maka kemungkinan besar tidak akan melihat babi yang mati tergeletak ditanah itu. Bisa jadi para tikus yang akan mengenyam rejeki nomplok babi panggang atau bakar ini. Namun tikus adalah mangsa ular dan akan lari tunggang-langgang jika mengetahui ada ular yang mengincarnya. Dengan demikian babi panggang atau bakar ini merupakan santapan lezat bagi ular, bahkan ada kemungkinan dapat bonus yang tak kalah sedapnya yaitu para tikus yang tidak sempat melarikan diri.

Masalahnya banyak jenis ular di dunia ini, seperti anaconda yang konon habitatnya di hutan belantara, cobra yang menurut penelitian ternyata hanya tertarik bentuk suling daripada irama dan nadanya, ular laut yang bisanya jauh lebih ganas dari cobra, ular terbang (chrysopelea paradisi) yang bisa berubah arah sewaktu-waktu saat melayang, ular sawah yang hobinya makan kodok dan tikus atau ular-ular jenis lain. Dalam peramalan shio pun sifat ular dibedakan menjadi 5 unsur alam utama.Ular Kayu Jati Waringin Asli Dengan gambaran babi panggang atau babi bakar tadi, agar nyaman dimakan orang pun akan menggambarkan sebagai sate yang membutuhkan tusuk kayu yang tidak mengalirkan panas. Dengan demikian shio Ular yang paling mujur di tahun babi api diramalkan sebagai orang dengan shio ular kayu. Ada banyak tahun yang merupakan representatip ular kayu ini. Tahun-tahun Ular Kayu mana saja yang paling menggambarkan kemujuran di tahun babi panggang ini?

Artikel investasi di Kontan tersebut berdasarkan fakta pada 5 hari lalu yaitu Selasa Legi (neptu=8) 5 Desember lalu. Menurut sejarah hari tersebut adalah hari kematian Johannes Chrysostomus Wolfgangus Theophilus Mozart a.k.a Wolfgang Amadeus Mozart 215 tahun lampau dalam usianya 35 tahun atau lahir 250 tahun yang lalu. Mozart dilahirkan sebagai 'raksasa' dalam dunia seni musik yang tak diragukan lagi kebesaran karya-karyanya. Hari kematiannya melambangkan tidurnya sang raksaya yang dalam shio digambarkan sebagai Naga. Ular-ular pun mulai mepersiapkan diri untuk mencari makan setelah tidur didalam liangnya selama ini. Jika dicermati banyaknya angka 5 dan kelipatannya, maka orang yang diramalkan paling mujur dan nyaman tahun depan adalah shio ular dengan unsur kayu yang tahun dan bulan kelahirannya berakhiran dengan angka 5 atau kelipatannya. Sukur-sukur tanggal kelahirannya 18 sesuai jatuhnya tanggal imlek.

Fakta valas (valuta asing) menunjukkan bahwa pada tanggal tersebut nilai mata uang dolar negara raksasa USA melemah drastis terhadap banyak mata uang lainnya seperti Yen, Won, Thai Bath dan dolar Singapore. Nilai rupiah pun yang selama ini melemah, pada tanggal tersebut tiba-tiba mulai menggeliat dan meliuk-liuk naik sampai hari ini. Bisa jadi perkembangan nilai rupiah yang mencengangkan ini diluar prediksi atau forecast (istilah profesional untuk ramalan) para pakar dan analis ekonomi, terutama ekonom yang selama ini hanya mengandalkan dasar statistik tapi belum begitu memperhitungkan fenomena-fenomena alam.

Tidak hanya di dunia valas, di dunia saham pun pada hari kematian Mozart itu tiba-tiba IHSG mencapai rekor tertinggi mendekati angka 1800 poin. Suatu kenaikan yang dahsyat. Ini menunjukkan harapan sekaligus keyakinan bahwa ekonomi di tahun babi mendatang bakalan gilang-gemilang. Saking cepatnya tumbuhnya optimisme dan ekspektasi itu membuat sebagian pakar malah menjadi khawatir jika ramalan para investor meleset maka bursa saham bisa karam. Barangkali kekhawaitiran ini beralasan, siapa tahu sang Naga belum benar-benar tertidur dan tiba-tiba terbangun, bisa-bisa malah marah dan memakan ular-ular kecil. Keyakinan sang Naga sudah tertidur lelap tidak hanya terjadi di JSX di Jakarta saja. Sehari setelah itu di Moscow, MICEX, bursa terbesar untuk kawasan Rusia, CIS dan Eropa Timur pertama kalinya dalam sejarah menembus angka diatas 1600 poin.

Gambaran-gambaran untuk menyambut pergantian tahun tidak hanya berlaku bagi tradisi Cina saja. Orang jawa juga memiliki tradisi menyambut pergantian tahunnya yang pada tahun 2007 nanti jatuh pada Sabtu Pahing (top! neptu=18) 20 Januari, yang bertepatan dengan tanggal 1 Suro 1940 Ehe yang merupakan tahun di windu Kunthara. Gambaran-gambaran akan harapan di tahun tersebut direpresentasikan melalui pagelaran wayang kulit di malam 1 Suro di berbagai tempat baik di kota-kota maupun pedesaan. Teman-teman alumni ITB juga sedang mempersiapkan diri untuk wayangan 1 Suro ini. Dalangnya Ki Plenet, hanya saja alternatip tempatnya masih dalam penjajagan. Lakonnya? Atur aja deh. Ha ha ha...
Bagi teman-teman alumni yang tak begitu suka wayang, jangan lupa Rabu Malam 20 Desember nanti kita Genesis-an, ini neh udangannya. Tentu saja, acara ini tidak dikhususkan bagi shio Ular Kayu saja.

Ngomong-ngomong perencanaan tahun depan, saya jadi ingat masih punya hutang menghantar titipan sebotol air dari sumur Wijayanti untuk pernikahan sepupu beberapa bulan mendatang. Lha hutang saja belum lunas, masak sih mau bikin perencanaan?! Okelah, saya akan melunasi hutang dulu ya...

0 comments:

Post a Comment