Wednesday, April 07, 2010

Pesta Cewek-Cewek Marketing

Sulit bagi saya untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan istilah-istilah dalam marketing. Secara saya tak memiliki sertifikasi formal sarjana ataupun ijazah kursus ilmu marketing.

Melihat penanya dan para penyimak adalah cowok-cowok yang belum pada menikah, maka saya pilih aja perumpamaan pesta, cewek dan pernikahan agar istilah-istilah marketing lebih mudah dipahami.


1. Ada cewek seksi di sebuah pesta yang begitu melihatmu, meskipun belum kenal cuwek aja menghampirimu trus menggapit lenganmu sembari berbisik:
Mas... Mas... Mau nikah sama aku khan?!
Yang kek gini ni disebut: Direct Marketing.

2. Ada cewek cakep di sebuah pesta yang begitu melihatmu trus menghampirimu dan sembari menunjuk ke arah cewe lain yang tak kalah cakepnya, bilang:
Eh mas, doi tu orangnya oke punya loh... Mas mau nggak nikah ma doi? *kedip-kedip*
Yang kek gini ni disebut: Advertising.

3. Ada cewek keren di sebuah pesta minta kartu namamu beserta nomor HP. Besoknya dia tilpun kamu dan bilang:
Mas... Rasa-rasanya aku jatuh cinta sama mas dan pengen nikah sama mas deh. Mas mau nggak?
Yang kek gini ni disebut: Telemarketing.

4. Ada cewe kece di sebuah pesta. Tanpa sungkan-sungkan ia memperkenalkan dirinya dan teman-temannya sembari mengatur-ngatur kancing baju bagian atasnya trus bilang kepadamu:
Mas... Teman-teman nih udah pada nikah loh. Mas mau khan nikah sama aku?!
Yang kek gini ni disebut: Public Relation.

5. Ada cewek cantik di sebuah pesta begitu melihat wajahmu tak sedang ceria menyapamu sembari tersenyum manis:
Ada apa sih mas? Aku biasa dengerin curhat kok. Critakanlah apa aja masalah or keinginan-keinginan pribadimu. Pengin nikah sama aku juga gpp kok.
Yang kek gini ni disebut: Customer Service.

6. Ada cewek yang penampilannya bak anak orang tajir di pesta menghampirimu dan bilang:
Mas... Mas... Aku lagi dikejer-kejer ortu tuk segera nikah nih. Mau khan mas menikahiku? Aku jamin safety n just do it deh!..
Yang kek gini ni disebut: Brand Recognition.


7. Ada cewek seksi, cakep, keren, kece, cantik dan penampilannya pun bak anak orang tajir di pesta menghampirimu dan bilang:
Mas... Nikahin aku yaa....
Tiba-tiba tunanganmu nongol.
Yang kek gini ni disebut: Barriers to Market Entry.

0 comments:

Post a Comment