Thursday, May 07, 2009

Ada Yang Percaya Pilpres 9 Juni Ga Yaa...

Pilpres 2009So pasti mpe sekarang pun masih ada yang gak tau kapan tanggal pemungutan suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden RI edisi 2009 ini. Ga usah tunjuk hidung orang lain, kecuali mau tunjuk jari sendiri. Coba deh tanya ke pembokat, tetangga, teman-temin di skul or kantor.

Ada lho yang jawab tanggal 9 bulan Juni depan. Mungkin jawaban ini dikarenakan pernah denger berita atau talk show waktu lewat depan TV menyebut-nyebut tanggal 9 Juni itu. Padahal tanggal ini (Senen Pon) merupakan tanggal terakhir penetapan pasangan Capres dan Cawapres saja.


Secara resminya sih, menurut Peraturan KPU No. 10 tahun 2009 yang ditandatangani oleh Prof. Dr. HA Hafiz Anshary AZ, MA pada 18 Februari 2009 jatuh pada Rabu Paing 8 Juli 2009.

Belum juga terlaksana Pilpres, Peraturan KPU tesebut sudah nengalami koreksi menjadi Peraturan KPU No. 32 yang ditandatangai pada 18 April 2009. Entah, apa alasan resminya kenapa tanggal penandatangan selalu dipilih tanggal 18.

Tanggal 18 Februari jatuh pada hari Rabu waktu itu sebelum Pemilu parte dan calek 9 April lalu. Secara fakta suara-suara pujian terhadap prestasi KPU 2009 yang melampaui prestasi KPU Pemilu 2004 lalu nyaris tak terdengar.

Paling banter, pernah diberitakan pujian sendiri dari ketua KPU Prof. Dr. H. Abdul Hafiz Anzhary bahwa usulan ongkos total Pemilu 2009 dari APBN dan APBD cuma Rp. 48 trilyun jauh lebih murah Rp. 8 Trilyun dibandingkan Pemilu 2004. Pujian inipun sebelum usulan disetujui.

Hasilnya.... lha mau murah kok minta bagus. Namun masyarakat tidak mudah memakluminya begitu saja selain melihat apa yang bisa dilihat dan merasakannya sendiri apa yang bisa dirasakannya. Singkat kata, speechless sak less... lessnya karena saking gak karu-karuannya.

Bahkan ada yang membandingkan dengan Pemilu RI pertama tahun 1955. Pada saat itu belum menyontreng ataupun menyoblos dan juga belum ada komputer canggih. Milihnya masih dengan cara menuliskan calon anggota DPR dan calon anggota Konstituante aja masih bisa jauh lebih tertib, aman, lancar dan terkendali daripada Pemilu 2009 ini. Wueleh.... segitu parahnyakah KPU 2009 ini?

Ada juga suara permisif kalo anggota KPU 2004 lalu setidaknya 4 anggotanya divonis korupsi. Prestasi sih boleh oke, tapi anggotanya pada korupsi. Lah sekarang, anggota KPU mungkin jujur-jujur tapi rakyat yang kojur-kojur. Mau pilih mana?

Apapun pilihannya, toh buktinya sampai saat tulisan ini diketik pun ketua KPU belum juga mengundurkan diri ataupun dibebastugaskan. Jika ada yang memandang KPU kurang berkerja secara gigih, buktinya Peraturan KPU no. 32 ditandatangani pada hari Saptu, dimana biasanya orang kantoran libur.

Bila pada Pemilu Legislatif kemaren selain pendataan KPU yang amburadul, juga banyak yang tidak menyontreng gara-gara sedang keluar kota. Seperti di TV, seorang RT di kawasan Menteng Jakarta sampai merasa pilu karena warganya nyaris tak ada yang datang ke TPS padahal beliau merasa sudah berusaha semaksimal mungkin mendata semua warganya secara akurat. Istilah kate, mumpung harpitnas (hari kejepit nasional) getu loh, yaa... mendingan waktunya dimanfaatkan untuk menyenangkan keluarga sendiri buat jalan-jalan keluar kota (mungkin maksudnya sih: luar negri).

Sangat mungkin hal ini tak pernah terpikirkan oleh tim KPU. Masalahnya tim KPU 2009 khan karyawan yang notabene bukan karena dipilih atau ditunjuk tetapi melalui Seleksi Penerimaan CPNS. Lah... namanya juga karyawan, mau lulus dengan IPK berapa pun sudah syukur terima gaji bulanan, ngapain repot-repot mikir kalo ga nambah gaji khan?! Bisa-bisa malah nambah kerjaan aja!

Dengan demikian tanggal pemungutan suara pilpres tanggal 8 Juli pun kecil kemungkinan perubahannya meskipun secara kenyataan yang diketahui publik saja, pendataan perolehan suara data yang masuk amat jauh terlambat dari action plan yang disusun KPU sendiri. So far belum diketahui KPU punya tip2, trik2 or doa2 apa sehingga bisa punya shortcut tanggal pemungutan suara pilpres sesuai jadwal 8 Juli apapun kondisi lapangan saat ini.

Sudah hal yang biasa setiap tahunnya, bila musim kantor libur maka jalanan Jakarta sehari-hari ga akan sepi. Namun bila musim sekolah libur maka kebanyakan ortu pun ikutan libur sehingga jalanan jauh lebih sepi. Hari kejepit Pemilu kemaren saja banyak dimanfaatkan keluar kota. Lah apalagi tanggal 8 Juli entar. Ini khan pas musim liburan anak-anak sekolah. Mau umroh, wisata ziarah, or sekedar jalan-jalan tuk memupuk kebersamaan dan kebahagian keluarga.

Andaikata nih, saia percaya dan yakin tanggal 8 Juli adalah hari pemungutan suara pemilihan presiden dan wakil presiden RI. Trus saia sudah membujuk-bujuk keluarga agar menunda wisata keluarga paska tanggal tersebut. Trus keluarga entah terpaksa atau ikhlas sudah menyetujui demi tanah air tercinta. Tentunya mengatur transportasi dan akomodasi perjalanan tak selalu mudah, apalagi pas barengan musim anak-anak libur sekolah. Dari ijin cuti, pesan tiket pesawat, hotel, visa dsb harus jauh hari sebelumnya.

Misalnya nih, udah pesan tiket pesawat ke Paris sehari paska tanggal 8 Juli. Rencananya sih Mami mau stay aja di Prancis, Kaka mau ke Jerman nonton balapan mobil, Adek mau ke Swiss nonton konser sekalian ganti arloji, Papa mau ke Monaco uji keberuntungan. Bila semuanya sudah dipersiapkan matang-matang, trus tiba-tiba jadwal pemungutan suara presiden mundur sehari aja....... ....... njur piye jal? Mau milih cinta tanah air atau keluarga tercinta kah?

Percaya pilpres 8 juli ga yaa......

11 comments:

  1. Kang....makanya liburanya ngga' usah jauh-jauh, dalam negeri aja.
    Biar kalo Pilpres diundur ga' repot tinggal nyontreng dimanapun mau.

    ReplyDelete
  2. hhhhh.....
    yg paling gax repot mank orang2 yg kage punya duit wat liburan kemana2, mo diundur mpe kapan pun ya no problem.
    Nie khan gi pura2 punya duit banyak banget geto loh, kluarga dah bosen ma lokalan hhhh....

    ReplyDelete
  3. hehehehehe mahal ya biaya buat milih pemimpin

    ReplyDelete
  4. yaaacccchhhhh....tidak disangka tidak diduga....heboh....sensasional...mutakhir....dahsyat....
    mendebarkan....bikin miris.....bikin brrrrrrrr.....keluarga besar Mister Hastu ternyata tergolong masyarakat BORJU....wuuuuiiiiihhh....ck ck ck ck ck.....

    Bagi dong resepnya Mas Mister.....sapa tau dengan wang yg oaaaakeeeehhh bhuaaaangeeetttssss ...ane nggak usah ikut pilpres tapi nyiapin diri tuk mo nyalon presiden taon berikutnya.....

    Kalo jadi, Mister Hastu mo ane ajak koalisi jadi "cawapres" = calon wakil pres si den bagus....huaa ha ha ha ha....Tabe Mister

    ReplyDelete
  5. Y....... yg demen BORJU mah bini, BORJU = BORong baJU
    Klo sy cuman sbg Proletar = Profesinya Lelaki penganTar aja kok

    ngapain juga koALISi?? mank ada yg ga punya ALIS apa?! hehe.......

    ReplyDelete
  6. Klo saiia jd sedih klo bicara liburan...bukan pilpresnya , lha.. mbok wedok klo ditanya :"..mo liburan kemenong ni bu..??" jawabnya pasti begene "...Amerika..!! " "..lho..maksud diriku ini liburan dlm kota ap plg kuampung ama anak2 tengok eyang..?!!" Jwbnya lagie :" ..maksudnyee..AME seteRIKA !!..giih..sono seterikaan buaanyak tuu.., ngomong ajak liburan duit gableg juga kaga..sampean..!! waduuuuh... kena lage inyong...ketahuan KOALISI.."Kelompok Org Atut Lihat Istri Sangar sekalI..."..hig..higsss...

    ReplyDelete
  7. hhhhh......
    komennya dah konslet smuanya hhhh....

    makasih
    dripada ga posting2 gara2 kompi masih problem aj nie :-((

    ReplyDelete
  8. mas....makanya liburanya ngga' usah jauh-jauh, dalam negeri aja.

    ReplyDelete
  9. Kok ntu yg di gambar capresnya sepetinya mukanya ngantuk n suntuk banget seh?? Huehehehe.....

    **komen kacau** :D

    ReplyDelete
  10. @mr pali
    lam kenal yaa... :D

    @Yari NK
    oh ya?? thengs but mungkin... mank ngantuk koz kurang tidur berburu cawapres yg bisa nemenin ronda, suntuk koz blom nemu2 jugak g2 x y...

    ReplyDelete
  11. apapun makannya, minumnya es beye

    ReplyDelete