Thursday, April 02, 2009

Virus Klik BCA

Tanggal mude kek gini bagi golongan karyawan SS merupakan saat yang hepi baru gajian but sekaligus ketar-ketir ndiri. Keknya di banyak kota2 saat ini dah ga usum lagi istilah "terima gajian" koz mank ga pernah nerima gaji kok. Gajian ya gajian aja, ga pake kata "terima" segala kek di zaman pra gugel g22. Masa kini gaji langsung ditransfer ke akun bank karyawan. Tappiii.... masalahnya neh, banyak bank2 skarang dah pada punya fasilitas internet banking online.

Fasilitas modern nan canggih kek gini mungking bisa menarik niat, minat, hasrat banyak orang or perusahaan tuk jadi nasabahnya. Bahkan kini, fasilitas kartu ATM aja sudah seperti diwajibin di beberapa bank. Padahal ga semua nasabah bank nyaman di-suruh2 punya kartu ATM kek g2 lho. Misalnya, orang2 yang paranoid kebablasan bujet bulanannya gara2 ngrasa ga kuat iman nahan nepsong blanja ini itu klo punya kemudahan ATM. Intinya, kemudahan wat banyak orang lom tentu kenyamanan wat sebagian orang.

Disaat zaman blom ada internet banking dulu, barangkali para suami masih bisa ngaku2 dengan santenya klo gajinya tuh cuman seginih (sambil jari tlunjuk n jempol ditekuk sejajar didepan matanya) tanpa khawatir akan ada pemriksaan dari KPK (kaum pengeruk keuangan) ke akun bank ybs. Toh, kerahasiaan nasabah dijamin oleh bank yato?!

Pada zaman itu, dah jamak para suami wat nyari tambahan jatah jajannya suka nglipet2in duit mpe kecil-keciiiil... trus di-selip2in ke lubuk dompet yang terdalam n terprimpen. Kalo pun istrinya tipe gaul yang suka gosip ma tetangge or temin2nya arisan jadi tau trik2 ala dompet ajeb2 kek gini, masih banyak jalan lain menuju roma kok, misalnya diselipin di ujungnya sepatu. Nyaris olwes sakses lolos dari garukan2 sidak. Kalo pun keabisan uang jajan bisa ngambil ke bank secara mandiri, ga perlu potong padi rame2 dikawal kluarga.

Itu dolo. Skarang gajian langsung transfer ke bank, mana banknya punya fasilitas internet banking lagi. Dooh!.. tuing... tuing...

AFAIK, internet tuh sumber dari segala sumber virus. CMIIW. Bahkan ada yg bilang virus tiap saat makin canggih aja lo. Wew!.. horor uiy. Meskipun gitu, akhirnyaa... paska kejepit sanah sinih, diriku kejeblos di fesbuk jugak. Ealaah... baru 2 harian kejeblos kemaren dah baca wall dari friend seorang bapak (wall n friend is istilah2 di fesbuk yg ga perlu dijelasin disinih) yang kurlebnya:

Baru gajian tanggal 1 tapi tanggal 5 biasanya udah nyusut drastis.
KG heraaan.... Kluhan2 kek gini mah saat ini mank semakin sering terdengar dimana-mana. Menurut saia c, gak usah terlalu khawatir. Pasti ada solusinya deh.

Bagaimanapun canggihnya virus masih ada cara2 pencegahannya ato sekurangnya bisa meminimalkan resiko dampak2 buruk internet banking. Wat bapak2 yang gajinya ditransfer ke BCA dan punya akun klik BCA, metode berikut mungkin bisa dicoba diterapkan (penulis tak bertanggungjawab atas segala akibat dan dampaknya di kelak kemudian hari).

Pada dasarnya, yang utama dan pertama harus dilakuin adalah mengganti alamat imil notifikasi dari imil palsu ato imil yang selama ini ga pernah dibuka sama sekali ke imil yang saat ini setiap saat dibaca. Caranya:
  1. Login ke klik BCA dengan nama dan password seperti biasa
  2. Klik menu "Administrasi" (tanpa tanda kutip dan jangan terkecoh dengan menu E-Mail)
  3. Di sub menu Administrasi klik "Ubah Alamat E-Mail" (juga tanpa tanda kutip)
  4. Masukan alamat imil existing dan masukkan imil baru yang setiap saat dibaca saat ini pada isian yang telah disediakan
  5. Klik tombol "Kirim"
  6. Logout
  7. Tutup browser anda

Nah, bila anda yakin tak pernah ngambil or nransfer dari rekening BCA anda ke rekening orang2 lain namun anda trima imil notifikasi maka segeralah cek n ricek seblom terlambat terlanjur berkelanjutan.

Saat itu, paska saia menjalankan 7 langkah tersebut, saia bisa segera tau klo ada transaksi tranfer ke bank lain. Maka buru2 persoalan ini saia sharing ke istri. Saia jelaskan seapaadanya, setaunya saia klo virus2 terkini ada kemungkinan bisa ngetik2 ndiri, bisa ngeklik2 ndiri, bisa login ndiri......... bisa transfer2 ndiri secara otomatis. Trus, tau lagi tanggal berapa mesti loginnya tiap bulannya.

Doi kaget dengernya n ngasih instruksi agar segera dipecah2 tabungannya ke beberapa bank yang ga punya fasilitas internet banking ato klo perlu ke bank2 yg ITnya ga canggih sekalian biar aman dari segala mara bahaya virus2 internet n komputer yg konon kabarnya smakin merajalela itu.

Bsoknya saia diintrogasi, apakah sudah ngurusin buka akun baru di bank2 lain beluuuum?? Ya saia jawab secara jujur klo blom sempet. Lah.. daripada boong wat nyenengin pasangan tapi dimintain bukti2nya, ga enak banget ketahuan boong bangetnya khan?!

Trus saia ditanya lagi, emang nyusutnya berapa sih? Saia jawab aja dengan polosnya kurleb sekianlah.... .....
E blom slesai sy njawab pertanyaanya, buru2 doi nyelak:
Yeeeeee.................

dst. dst.

11 comments:

  1. dari blog bigmike gw liat ada blog ni....keren.... info bca ni bikin gw jantungan nih...ada akun gw di bca sih...buru-buru nengok ah....

    ReplyDelete
  2. paling aman gw laah... mbok wedok ga kenal nyang namenye gugel dkk... apa lagi I Bank , masalah selip menyelip mah yg rutin tgl begene masih dijamin AMAN diantara SIM C ama KTP toohh... hiks.hiks..!!

    ReplyDelete
  3. saya ndak punya account website. hanya punya akun offline..

    ReplyDelete
  4. Wah yang lebih berbahaya lagi bukan virus klik BCA-nya, tapi virus shopaholic-nya... huehehehe.... Kalau virus shopaholic-nya sembuh pasti semuanya aman deh.... huehehehe.....

    ReplyDelete
  5. untunglah beta. Dahoeloe kala beta nggak suka sama baba liem s liong jadi ogah nabung ke bca. So beta enggak ounya akun, enggak punya kartu kredit, anggak punya kartu atm dari bca cuman punya ...kartu remi doang...ha ha ha ha

    Tabe Sir

    ReplyDelete
  6. @all
    ini intermezo aj yar ga terlalu stress melalui pergantian cuaca gini. hux hux.. (maap batuk)

    Thanx (hux..)

    ReplyDelete
  7. todays horoscope Libra : being frugal isn't really your style, but these are uncertain times. Apply your natural creativity to finding innovative ways to save.

    oops OOT. mmmf.. :D

    ReplyDelete
  8. sipa juga udah punya kartu atm

    transfer uang jajan dong om :P

    tapi belom pernah ngambil sih, abis masih dikit tabungannya

    ReplyDelete
  9. salam kenal ya pak
    asyik, informatif postingnya
    pak bisa tukeran link
    kalo berkenan kabari aku ya

    ReplyDelete
  10. nda punya akun BCA heheh

    ReplyDelete
  11. berarti elo virus!!! kudu dibasmi!!! haha

    ReplyDelete