Thursday, December 28, 2006

Tanya Kenapa ataukah TanyaKen apa: Happy End

Ferry Surya Perkasa (33) alias Erik Salim alias Liem Pho Ce alias YM Serlingpa Dharmakirti Yongdzin Tulku Rinpoche, buronan atas kasus kematian penyanyi lagu "Aku Tak Biasa" bernama Alda Risma Elvariani (24) di kamar Hotel Grand Menteng, Matraman Raya, Jakarta Timur, akhirnya tertangkap di Singapore dan malam ini telah berada di Jakarta. Menurut Polisi, sehari setelah malam kematian Alda (12/12), ia kabur ke Singapura dari rumahnya di Jalan Kuta Indah K 18, Kelapa Gading, Jakarta Utara bersama kedua anaknya. Polisi menemukan shabu-shabu seberat lebih kurang 10 kilogram senilai Rp 20 miliar dan menyita sebuah Nissan X Trail B 8550 0 yang digunakan Ferry malam naas itu. Mobil Jaguar dan Mercy seri S 600 tak ikut disita.

Pasangan Ferry dan Alda sering terlihat menghabiskan waktu di Diskotek Crown di kawasan Glodok, Jakarta Barat hingga menjelang pagi. Mereka selalu memesan tempat khusus di balkon yang tidak sembarang orang boleh memesannya.

Penelusuran polisi akhirnya tertuju pada rumah di Jalan Gading Kirana No.33 Jakarta Utara, rumah milik Wisnu Perkasa (36), kakak kandung Ferry. Setelah terpaksa memberikan tembakan peringatan karena tugasnya dihalang-halangi oleh keluarga dan seisi rumah, akhirnya polisi menemukan dompet atas nama Wisnu Prakarsa dan tagihan pembayaran Hotel Grand Menteng tanggal 10 hingga 12 Desember. Menurut Wisnu, Ferry sudah 2 tahun ditinggal isterinya yang saat ini berada di Taiwan bersama kedua anaknya.

Disisi lain, malam itu (13/12) ibu kandung Alda, Halimah, juga diciduk Polisi sehubungan lapora penggelapan surat kendaraan bermotor atas laporan . Hari ini Halimah dilaporkan oleh Hasan Haki, warga Kampung Kadep, Desa Telajung Udik, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor atas tuduhan penipuan Rp. 90 juta.

Sosok Ferry menjadi incaran utama polisi karena terlihat di CCTV hotel bersama 4 orang lainnya. Copy rekaman CCTV tersebut dikirim ke AS untuk diteliti secara ilmiah. Dari rekaman tersebut Polisi memburu wanita di sisi Alda. Diduga bernama Yanti, yang sebelumnya disebut-sebut sekretaris Ferry tapi belakangan disebut profesinya sebagai pembantu rumah tangga Wisnu Perkasa. Ternyata Yanti sudah lama tidak ikut keluarga Wisnu maupun Ferry sejak tahun 2000. Sekarang dia bareng suaminya, Aldo, dagang di Pulogadung.

Polisi kemudian mencurigai suster Maria Imaculata Medyana atau akrab dipanggil Meidy yang diduga bekerja di klub kecantikan Klinik Pro Vitalitas, Anti Aging Center, yang terletak di Kelapa Gading Boulevard Raya. Sekitar 3-4 KM dari rumah Ferry. Para karyawan salon itu bungkam saat ditanya tentang Meidy. Akhirnya penjelasan resmi datang dari perwakilan salon tersebut yang menyatakan Meidy sudah tidak bekerja di salon itu lagi sejak agustus lalu. Selain itu ia juga menyatakan tidak ada pasien bernama Alda dari data 5 tahun terakhir.

Akhirnya, suster Meidy dijemput enam petugas Polda Metro Jaya di Jalan Pramuka Sari I RT 12/RW 08 No 25, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Sabtu pekan lalu (16/12). Rumah bercat putih itu berlantai dua dan memiliki 15 kamar. Harga sewa kamar yang ditempati suster Meidy Rp 575 ribu per bulan. Sehari kemudian polisi akhirnya membebaskan Meidy, karena dia punya alibi kuat.


Lebih 5 tahun yang lalu, pada tahun 1999 konon Alda pernah dilabrak oleh Margaretta Wang, istri Ferry. Pada waktu "melabrak" Alda di sebuah klub kecantikan di kawasan Kelapa Gading, Margaretta ditemani mantan koordinator rumah tangga keluarga Ferry, Yanti. Sedangkan Alda bersama ibunya, Halimah. Karena Margaretta tidak bisa berbahasa Indonesia, maka Yanti yang menjadi penerjemah. Dalam kesempatan itu Yanti memperkenalkan bahwa wanita yang bersamanya adalah istri Ferry yang datang untuk meminta agar Alda tak lagi mendekati Ferry yang sudah mempunyai dua orang anak. Belum sempat Alda menjawab, Halimah buru-buru menyela. Ia langsung berteriak ke arah Margaretta Wang mengatakan bahwa kalo Ferry mendekati anaknya bukanlah salah anaknya yang memang cantik dan menarik tapi istrinya yang tak bisa jaga suami. Melihat majikannya diperlakukan seperti itu oleh Halimah, Yanti terlihat naik pitam dan beradu mulut dengan Halimah. Margaretta diam saja karena tidak mengerti apa yang diomongkan mereka.

Saat cerita itu dikonfirmasikan, Yanti membenarkan cerita itu. Dia mau diajak meskipun sudah tidak ikut keluarga Ferry karena ia kasihan sama Ibu Margaretta dan orangnya amat baik hati. Setahun sebelumnya, saat tahun terakhir ia bekerja di keluarga Ferry sekitar tahun 1998, Margaretta sering mengeluh kalau Pak Ferry sedang menjalin hubungan dengan Alda. Meskipun membantah cerita tersebut, Halimah mengakui pernah didatangi oleh istri Ferry dan juga mengakui bahwa jalinan cinta almarhumah anaknya dengan Ferry sudah berlangsung lama.

Seperti pendapat musyawarah untuk mufakat, bagaimanapun dan sampai kapanpun proses musyawarahnya maka hasilnya haruslah mufakat. Banyak yang berpendapat setiap cerita wajib berakhir dengan "happy end". Kita yang terbiasa menonton sinetron, kethoprak, kartun atau membaca novel, dongeng, komik lantas bertanya-tanya seperti apa happy ending-nya? Barangkali kisah non-fiksi ini akan diakhiri dengan adegan Ferry bertobat dan kemudian hidup bahagia bersama istri dan anak-anaknya. Namun kita belum tahu masih berapa lama dan berapa banyak lagi kisah-kisah yang akan disuguhkan media massa sebelum sampai adegan happy end tersebut.

0 comments:

Post a Comment