Thursday, December 07, 2006

Persamaan dalam Perbedaan

Dari training "Contact Center berbasis SIP" di kantor sore ini, saya merasa mengajar orang lain lebih nyaman daripada mengajar rekan sendiri. Ketidaknyamanan ini terutama karena keterlambatan sebagian besar peserta yang dari beberapa divisi internal itu. Masih lumayan kalau yang terlambat pada mengerti topiknya, namun yang bikin kesal kebanyakan pertanyaan sebenarnya sudah dijelaskan sebelum penanya hadir.

Ada pertanyaan yang nyaris bikin saya ketawa ngakak. Tapi begitu melihat mata penanya dan para peserta lain menunjukkan keseriusan, maka saya pun batal ketawa ngakak meksipun susah juga menahan kegelian karena saya rasa pertanyaan ini betul-betul aneh. Saya menyebutnya sebagai pertanyaan aneh karena menurut saya tidak pernah ada pertanyaan salah, pertanyaan bodoh atau pertanyaan tidak bermutu.
"Apa persamaan Contact Center berbasis SIP dengan CTI?".

Barangkali kalau yang ditanyakan tentang perbedaan, saya otomatis akan nyerocos. Namun mungkin orang sudah mulai bosan dengan perbedaan-perbedaan. Orang pun mulai enggan mencari-cari perbedaan, tapi sebaliknya mereka lebih suka mencari tahu persamaan. Saya pun tak menyangka akan mendapat pertanyaan seperti ini, sehingga bikin saya berpikir beberapa saat. Para peserta pun pada diam menunggu jawaban.

Akhirnya saya merasa menemukan jawabannya,
"Keduanya sama-sama membutuhkan investasi IP".
Jawaban ini ditanggapi secara spontan dan kompak oleh beberapa orang peserta yang sudah hapal dengan istilah 'investasi IP' yang saya maksudkan:
"Investasi I Pikir-pikir".

Semua peserta pun tertawa senang, meskipun saya rasa banyak yang belum paham benar atas jawaban tersebut saat itu. Saya pun juga senang karena hal ini mengingatkan kembali bahwa meskipun banyak perbedaan terdapat pula persamaan-persamaan.

1 comment:

  1. hahaha... investasi I Pikir-pikir yah... :)

    ReplyDelete