Monday, December 25, 2006

Korban-Korban Kambing

Si Domba 4 Tanduk
Dari dulu kala sampai kapanpun perbedaan pendapat tak akan pernah hilang. Hanya saja perbedaan pendapat ini bisa menjadi meluas ke masyarakat banyak sehingga bisa-bisa mengganggu kententraman dalam bermasyarakat. Dalam tahun ini, setidaknya sejak saya kenal blog bulan lalu, keputusan pemerintah menerima tamu George Bush dan keputusan Aa Gym mengumumkan pernikahannya telah menyulut perang dalih dan dalil tidak hanya di kalangan elit kekuasaan dan intelektual namun juga sampai ke rakyat jelata teman-teman saya. Kalaupun ada yang berpendapat peluncuran buku Pak Habibie, "Detik-Detik yang Menentukan" juga memicu perbedaan pendapat di sebagian kalangan, namun dampaknya tidak sampai menjadi perdebatan diantara teman-teman saya.

Amat disayangkan jika masih ada pihak-pihak elite atau intelektual yang menjadikan perbedaan pendapat sebagai sarana mencari keuntungan pribadi atau kelompoknya sendiri. Kekurangterbukaan informasi bisa menimbulkan salah sangka. Syukurlah di headline koran Tempo telah diberitakan bahwa, menurut akhirnya seorang anggota komisi Komisi Informasi dan Komunikasi DPR, Sutradara Ginting, menginformasikan komisinya akan memanggil Menkominfo Sofyan Djalil berkaitan dengan pembuatan MoU dengan Microsoft pada pertengahan bulan Januari tahun depan. Suatu keputusan yang dinanti banyak pihak untuk menghindari prasangka seolah-olah Menkominfo brokernya Microsoft yang mungkin saja dijadikan bahan untuk mengadu domba dengan berbagai alasan. Mungkin karena rakyat Indonesia sudah saking terbiasanya dijadikan korban adu domba (divide et impera) oleh VOC selama 3,5 abad, setiap pemimpin umat, partai dan organisasi sospol lainnya seharusnya terus-menerus memperingatkan para anggotanya agar jangan sampai menjadi korban adu domba dengan memanfaatkan perbedaan pendapat dan pandangan menjadi prasangka buruk demi mengejar nafsu-nafsu eksklusivme kelompoknya sendiri.

Tidaklah mengherankan Kardinal Julius Rijadi Darmaatmadja SJ mengajak umat Katolik untuk selalu waspada terhadap adu domba kerukunan antar umat beragama dalam menyikapi berbagai kesulitan dan bencana saat homili perayaan Natal di gereja Katedral (dapannya masjid Istiqlal) pagi ini. Bahkan beliau mengajak umatnya untuk mendoakan serta memberikan bantuan secepatnya untuk sebagian rakyat Indonesia yang ditimpa musibah bencana.

Tadi malam memang bulan sedang tepat pada rasi domba atau kambing (Capricorn) dimana saat ini planet Neptune sedang berada disana. Planet Neptune dikenal sebagai planet terjauh dalam tata surya. Praktek adu domba memang sering sulit dilacak karena bisa saja pelakunya berada jauh dari lokasi terjadi huru-hara.

Bencana banjir di Aceh tak perlu diperbincangkan apalagi diperdebatkan apakah memang sudah merupakan hukum alam ataukah hukuman Tuhan, tak ada sangkutpautnya dengan GAM menang Pilkada. Yang jelas korban jiwa telah berjatuhan, demikian juga akibat bencana longsor Madina (Mandailing Natal). Tak perlu lagi menunggu lebih banyak korban jiwa lagi ataupun menunggu bantuan harus dimulai dari luar negeri dulu atau dari pemerintah dulu. Siapapun berhak dan bisa berkorban untuk siapa saja.

Dalam hal berkorban, mungkin orang perlu belajar dari Yu Timah, seorang buta hurup, mantan pembantu rumah tangga yang kini berprofesi sebagai penjual nasi bungkus untuk menghidupi emaknya yang renta dan seorang keponakannya. Meskipun sangat miskin ia rajin menabung di bank di kampungnya dengan menitipkannya ke karyawan bank tersebut karena malu untuk pergi sendiri ke bank. Lama kelamaan saldonya cukup buat beli seekor kambing. Menjelang hari raya Idul Adha seperti sekarang, ia pergi ke karyawan bank tersebut. Namun bukannya untuk menabung seperti biasanya, tapi karena ia ingin membeli kambing kurban. Meskipun sudah dibilangin bahwa ia tidak wajib berkorban bahkan ia wajib menerima korban seperti tahun-tahun silam, namun Yu Timah tetap bertekad bulat membeli kambing kurban ikhlas seikhlas-ikhlasnya. Masya Allah, tak ada seorang pun yang bisa melarang seseorang berkurban.

Idul Adha adalah peringatan kewajiban mengorbankan sebagian hartanya, untuk pergi haji bagi yang mampu atau bagi yang belum mampu disimbolkan dengan kambing atau sapi. Orang yang telah bersusah-payah pergi haji tentunya berharap memperoleh al birru ataupun amalan yang mabrur. Yu Timah sebagai orang awam bukan hanya saja rela mengorbankan sebagian hartanya, namun sebagian besar hartanya mungkin bukan karena sekedar keikhlasannya apalagi pamer namun baginya berkurban adalah suatu kewajiban. Cerita Yu Timah ini dikutip dari tulisan Ahmad Tohari dengan judul: "Belum Haji Sudah Mabrur" di Republika seminggu lalu (18/12).

Sebuah tulisan yang lugas dan berani tentang makna berkurban di tengah-tengah arus pandangan umum bahwa Idul Adha merupakan momen peluang bisnis yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin oleh perbankan, biro perjalanan, kelompok pengajian, sampai jualan kambing. Mirip-mirip cerita sufi klasik yang lumayan populer tentang Haji Mabrur Tanpa Ke Mekah, yang menceritakan rombongan haji yang mirip dengan ONH++, dimana jemaahnya kebanyakan sudah berangkat haji beberapa kali. Namun sepasang suami isteri secara diam-diam membatalkan perjalanannya ke Mekah. Di tengah-tengah kebingungannya karena kehilangan jemaahnya, ketua rombongan bermimpi melihat pasangan suami-isteri yang membatalkan perjalanannya sedang berjalan-jalan dengan riang gembiranya di taman yang indah sekali, laksana sebuah surga, sambil mengenakan kalung bertuliskan Haji Mabrur. Sementara (masih dimimpinya) jemaah rombongannya terlihat bermuram durja seperti orang sakit karena kelaparan dan kehausan dibawah sengatan panas matahari di belantara padang pasir. Setelah kembali ke daerah asalnya, ketua rombongan itu barulah mengetahui bahwa pasangan suami isteri tersebut tak jadi pergi ke Mekah karena semua harta untuk keperluan perjalanan haji telah disumbangkan untuk menolong penduduk desa miskin yang penghuninya ditimpa kekurangan air, makanan dan obat-obatan untuk mengatasi wabah penyakit.

Meskipun kedua cerita tersebut sama-sama mengingatkan akan kearifan dalam memaknai pengorbanan sebagai sebuah perwujudan ibadah daripada pandangan formalitas dan legalitas ritual, cerita klasik sufi ini lebih terasa permisif. Selain konklusi berdasarkan mimpi yang bisa saja subyektif sehingga relatif lebih aman dari perdebatan fiqih, juga masih mempertimbangkan pendapat banyak orang tentang formalitas dan legalitas ritual pemotongan hewan korban di Mekah.

Ada puluhan kambing dan 3 sapi di depan rumah yang dijual sebagai hewan korban. Sewaktu diminta memilih tadi pagi, saya memilih untuk tidak memilih atau menyerahkan pilihan ke panitia saja, yang penting sehat dan jantan. Terserah apakah mau dikasih kambing congek yang bisanya tengak-tengok dan sesekali mengembek ataukah kambing hitam (black sheep or black goat? wkwkwk...), yang mungkin harganya jauh lebih mahal karena banyak dicari orang untuk dijadikan tumbal segala macam permasalahan.

Apapun jenisnya domba atau kambing adalah hewan yang taunya makan, minum dan kawin. Seperti kambing-kambing di depan rumah: lha jelas-jelas mau disembelih untuk korban, jangankan istighfar atau tobat kek tapi malah masih aja kejar-kejaran pengin kawin.

Manusia juga dianugerahi akal untuk mengejar kebutuhan dan keinginannya. Namun jika hanya mengandalkan akal saja, bisa saja seseorang kelihatannya telah berkorban namun sebenarnya ia menganggapnya sebagai suatu investasi demi mengejar lebih lagi banyak napsu pribadi atau kelompoknya, jika perlu dengan mengorbankan orang lain. Jika sudah demikian, bisa-bisa orang yang berkorban punya sifat lebih kambing daripada kambing yang dikorbankannya. Tentunya siapapun tak mau jadi kambing, apalagi kambing korban dari orang berhati kambing yang selalu mencari akal untuk mengadu domba atau mencari kambing hitam.

0 comments:

Post a Comment