Wednesday, December 06, 2006

Gunjingan Tentang Isteri

Seorang pimpinan perusahaan ratusan karyawan, beralis dan berkumis tebal, ganteng dan garang, jas-jasan siap pergi ke kantor untuk meeting penting. Tiba-tiba isterinya yang baru bangun tidur dan masih pakai daster sambil menguap memintanya agar menunggunya supaya bisa berangkat bersama ke salon kecantikannya untuk facial-treatment dan set rambut. Bisa jadi karena jauh lebih mencintai isteri daripada pekerjaan, maka si suami akan mendahulukan keinginan isteri baik dengan ataupun tanpa alasan bahkan tanpa pernah tanya kenapa. Namun meksipun telah meminta maaf atas keterlambatannya dan dengan jujur menceritakan betapa cintanya sama isteri, ada saja orang yang tega menyebarkan gunjingan bahwa ia seorang "Bossi", maksudnya: "Bos setiran isteri". Orang-orang pun jadi faham, isterinyalah yang sebenarnya memegang kendali kekuasaan.

Ada saja gunjingan dari teman-teman sendiri yang tak bisa dihindarkan dalam berbagai komuniti dan berbagai level. Seorang tenaga marketing yang dengan berbagai alasan sering menolak tugas untuk entertain prospect customer diluar jam kantor, bisa jadi bahan gunjingan teman-temannya dengan sebutan "Mati", maksudnya "Marketer takut istri". Seorang insinyur yang dengan berbagai alasan sering menolak kerja lembur, suka jadi bahan gunjingan teman-temanya dengan sebutan "ITB", maksudnya "Insinyur Takut Bini".

Sulit membedakan mana yang lebih dominan antara rasa cinta, sayang, hormat atau takut terhadap isteri selain dirinya sendiri. Apapun gunjingan orang lain tentang isteri, suamilah yang paling tahu pilihan sikap yang paling cocok dengan pola sikap isterinya (sendiri).

Saya memilih sikap diam dan bahkan tak menceritakan apapun isu, gosip atau berita Bang Aa Gym (B 446 YM) sepulang isteri saya dari dinas luar kota minggu kemaren. Namun serapet-rapetnya bangkai dibungkus, baunya akan tercium juga. Tiba-tiba malam minggu isteri saya jadi sewot sendiri, saya pun maklum kalau ia baru mendengarnya dari TV. Ibarat api dalam sekam ketumpahan bensin, minggu pagi sewotnya semakin menjadi-jadi setelah membaca ulasan The Jakarta Post. Koran Kompas pun diomel-omelinya gara-gara tak ketemu satupun berita atau artikel yang dicari-carinya hari itu. Jangankan koran, saya pun ikut diomel-omelin gara-gara tidak turut ngomel-ngomel ataupun setidaknya komentar dikit-dikit. Apapun resiko yang mungkin saya tanggung, saya pun tetap memilih diam. Saya hanya berpikir, lha saya diam saja sewotnya sudah dua hari, gimana kalau saya ikutan ngomel atau komentar dikit saja? Iya kalo pas kebetulan komentar saya bisa langsung menghentikan sewotnya seketika, namun saya tak berani meramalkan akan mendengar omelan berapa lama lagi jika ada sedikit saja kesalahan. Kasihan khan kalo energinya terbuang sia-sia hanya gara-gara sewot atau ngomel melulu.

Mungkin karena saya tetap konsisten memilih diam seribu bahasa, lama-lama sudah agak mendingan sewotnya meskipun belum bisa hilang sama sekali. Paling-paling tinggal menceritakan gunjingan-gunjingan yang didengar dari kantornya. Ada-ada saja cerita gunjingannya. Misalnya, mana yang ibu-ibu pada demo-lah, anggota kloter haji pada menangis-lah, telah menikah sekian kali-lah, disamping ada juga beberapa cerita yang mungkin awalnya sekedar gurauan tapi kemudian jadi gunjingan serius.

Sebenarnya sejak awal saya mendengar gunjingan tentang berapa banyaknya isteri Aa Gym, tak ada sedikitpun keingingan apalagi rencana untuk ikut-ikutan bergunjing di blog. Bukannya saya pantang bergunjing, bukan pula karena saya tidak suka mendengar gunjingan. Melainkan hanya karena saya pikir sudah begitu banyaknya orang di republik ini yang menggunjingkannya. Namun keputusan ini tiba-tiba berubah tadi pagi saat berangkat kerja ke kantor. Di perempatan lampu merah, dari apa yang dijajakan oleh para penjual koran saya lihat banyak koran hari ini memuat headline perihal berapa banyaknya isteri yang ternyata juga telah menjadi gunjingan utama di istana presiden. Tanpa sengaja saya pun geli sendiri seraya berkata dalam hati:
"Emang enak...... denger terus omelan isteri?"

1 comment:

  1. mungkin karena bergunjing itu mengasyikkan... :P

    ReplyDelete