Friday, December 01, 2006

Blogs Every Day of the Month

Ternyata menulis blog terasa mengasyikan lho. Setidaknya bisa sebagai kegiatan alternatip daripada melototin TV terus. Dengan tanpa mengurangi rasa hormat saya terhadap kreativitas para insan pertelevisian, mungkin karena sejak kecil sudah saban hari nonton TV maka lama kelamaan terasa membosenkan juga. Mungkin juga rasa asyiknya dikarenakan kegiatan menulis blog ini baru sebulan, belum ada apa-apanya dibandingkan kegiatan nonton TV yang sudah saya jalani puluhan tahun.

Beruntunglah situs-situs blog seperti ini diblok di kantor, sehingga rasa asyik tersebut tidak menjadi rasa ketagihan dan larangan ini bisa bikin tidak mikirin blog seharian setidaknya selama jam kerja. Selain itu agar tidak terjangkit computer adict yang konon kini banyak mewabah di perkotaan apalagi yang ada koneksi internet, sebulan ini saya masih berusaha keras membatasi jumlah posting sekali sehari saja. Sepulang dari kantor rasanya seperti terhipnotis untuk duduk di depan komputer beberapa menit sekalian ngecek imil. Ada saja yang pengin saya ketik di blog, mungkin kayak menulis di buku log, diary atau journal. Entahlah, yang jelas blog bisa jadi rekaman apa yang pernah saya pikirkan, rasakan, ketahui atau saya alami pada hari itu.

Mendengarkan omongan orang lebih sulit daripada ngomongin pendapat atau kesukaannya sendiri. Namun bagi sebagian orang, ada kalanya tidaklah selalu mudah untuk tidak ngomong sama sekali. Untuk itulah, selain sebagai pengisi waktu alternatip, saya bereksperimen selama sebulan ini untuk puasa putih yaitu semacam latihan menahan napsu terhadap rasa kesukaan seperti sedap, gurih, manis, asin, asam tanpa menghilangkan sama sekali kebutuhan makan dan minum. Dalam hal ini, saya mencoba untuk tidak bicara di blog masalah-masalah yang berbau marketing, manajemen, komunikasi, teknologi dan hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan sehari-hari ataupun yang berkaitan dengan kesukaan-kesukaan saya selama ini. Kalaupun ada telaah yang masih agak-agak menyerempet hal-hal demikian, maka telaah di blog itu bukanlah kesengajaan melainkan semata-mata kebetulan saja atau bisa jadi itu diluar kemampuan saya untuk 100% terlepas dari naluri dan pengalaman selama ini.

Masa 1 bulan terlewat sudah tanpa hari tanpa blog.

0 comments:

Post a Comment