Saturday, November 11, 2006

Peringatan Hari Kematian

Hari Pahlawan 10 Nopember kemaren mengingatkan saya bagaimana orang tua kami merancang nama buat salah seorang adik saya. Barangkali adik saya waktu itu diramalkan akan lahir tepat di hari pahlawan. Oleh karena itu dipersiapkanlah nama Pahalawan, asal kata istilah Pahlawan yang berarti orang yang diharapkan memperoleh banyak pahala atau penghargaan. Jika meleset 1 hari, maka akan dikurangi hurup 'aw' menjadi nama Pahalan. Namun kenyataannya ramalan tersebut meleset 2 hari, sehingga nama tersebut mendapat sisipan (jw: seselan) 'in' seperti dalam kata kinerja atau dalam bahasa jawa: kinenthu, pinisepuh, dsb.

Pengetan Sedanipun KGP A MangkubumiDalam budaya jawa, peringatan hari kelahiran seseorang (happy birthday) tidaklah umum. Kalaupun akan diadakan peringatan terhadap seseorang, yang diperingati adalah hari kematiannya seperti peringatan-peringatan 3, 7, 40, 100, 1000 hari disamping ulang tahunan yang dihitung sejak hari kematian orang tersebut. Ada kalanya orang yang telah lama tiada masih diperingati hari kematiannya seperti misalnya tokoh-tokoh terkenal Alfred Nobel, Ayatollah Khomeini, Mahatma Gandhi. Demikian juga bangsa Indonesia, secara resmi tidak mengenal peringatan hari kelahiran tokoh atau pahlawan nasionalnya, melainkan hanya mengenal peringatan hari kematian para pahlawannya setiap tahunnya.

Terlepas mana yang lebih baik: apakah memperingati ulang tahun hari kematian ataukah hari kelahiran, yang jelas hari ini saya tidak ada rencana beli kado sebagai hadiah ulang tahun hari kelahiran adik saya besok.

2 comments:

  1. Wah tegane Mas, mbok kala-kala adine yo disenengke....btw, masyarakat Jawa di pedesaan beberapa masih mengenal tradisi netonan,yaitu peringatan hari kelahiran setiap 35 hari, meski hanya diperingati sederhana dengan membuat among-amaong sekedar buat tetangga sekitar atau dikembul bujana bersama di mesjid.

    ReplyDelete
  2. nuwun atas inputnya.
    btw netonan basa mana ya atau salah ketikkah? Setau saya wetonan, yaitu bikin sajen yg isinya a.l. bubur merah putih

    ReplyDelete